Buka jam 08.00 s/d jam 21.00
Beranda » Artikel Terbaru » 12 Wahana Playground Anak Gratis Yang Bisa Dikunjungi Di Jakarta

12 Wahana Playground Anak Gratis Yang Bisa Dikunjungi Di Jakarta

Diposting pada 1 November 2020 oleh admin

12 Wahana Playground Anak Gratis Yang Bisa Dikunjungi Di Jakarta

Bermain adalah hal yang paling disukai anak. Namun bermain di dalam rumah terus-terusan juga akan menimbulkan rasa bosan, sehingga sekali-sekali sebaiknya aja anak bermain di playground. Saat ini banyak sekali wahana playground gratis yang bisa dikunjungi di Jakarta dan tempat lainnya dengan berbagai fasilitas bermain anak yang menarik. Untuk itulah kami mengulas tentang 12 wahana playground anak gratis yang bisa dikunjungi di Jakarta untuk Anda.

12 wahana playground anak gratis yang bisa Anda kunjungi di jakarta untuk liburan

antara

Mengajak anak bermain di playground akan membuat anak semakin senang. Namun lebih dari itu terdapat beberapa manfaat lainnya. Berikut ini manfaat mengajak anak bermain di playground antara lain:

  1. Memicu kreativitas anak

Di playground bermain anak terdapat banyak permainan. Sehingga anak lebih banyak melakukan aktivitas yang sangat baik untuk perkembangan kreativitasnya. Anak akan menggunakan pikiran dan imajinasinya saat bermain sehingga dapat mengasah kreativitasnya dengan optimal.

  1. Mengasah kemampuan berpikir

Selain meningkatkan kreativitas, mengajak anak bermain di playground juga akan mengasah kemampuan anak untuk berpikir saat bermain. Saat bermain sistem otak anak akan terlatih yang bermanfaat untuk meningkatkan daya pikir anak. Misalnya saat berjalan di permainan jembatan gantung, anak akan berusaha berjalan dengan hati-hati dan berpikir mencari solusi agar tidak terjatuh. Selain itu juga saat menyusun balok, anak akan menyusunya agar tidak terjatuh dan masih banyak lagi.

  1. Mudah bersosialisasi

Saat bermain di playground akan ada banyak anak-anak lain yang juga bermain. Hal tersebut menjadi kesempatan yang sangat baik bagi anak untuk mulai berkenalan dan melatih kemampuan sosialnya. Akan tetapi sebagai orang tua harus memberikan arahan terlebih dahulu bagaimana cara untuk berbicara dengan baik kepada orang lain.

  1. Percaya diri

Saat anak berhasil menyelesaikan permainannya, anak akan merasa senang dan lebih percaya diri. Sehingga bermain di playground juga bermanfaat untuk mengasah rasa percaya diri anak.

  1. Disiplin mengikuti aturan

Wahana playground mempunyai aturan yang kurang lebih sama seperti anak diwajibkan memakai kaos kaki, dilarang membawa makanan atau minuman sembarangan. Hal tersebut bagi anak tentu saja sulit diikuti. Orang tua dapat secara perlahan mengajarkan anak untuk disiplin mengikuti peraturan yang ada.

  1. Mudah mengontrol emosi

Dalam bermain anak akan melatih daya pikir play system dan seeking systemnya yang bermanfaat untuk membantu mengontrol emosi anak. Sehingga anak akan menjadi pribadi yang periang dan tidak mudah stress.

Hal yang harus selalu diingat oleh orang tua adalah tetap mengawasi anak saat bermain di playground untuk menjaga keselamatan dan keamanan anak.

Jenis permainan di playground dan manfaatnya 

Playground atau taman bermain adalah tempat yang sangat disukai anak-anak. Anak dapat bermain dengan bebas seperti jungkat-jungkit, perosotan, ayunan, dan masih banyak lagi. berbagai permainan yang ada di playground bukan berarti dibuat begitu saja tanpa tujuan.

 

liputan6

 

              google street

Kebanyakan jenis permainan di playground umumnya bermanfaat untuk mengasah dan menstimulasi kemampuan motorik dan sensorik anak. Hal tersebut nantinya akan bermanfaat juga bagi  kehidupan sehari-hari anak seperti tubuh yang sehat, fokus belajar, hingga membangun rasa percaya diri. Berikut ini jenis permainan di playground dan manfaatnya antara lain:

  1. Perosotan

Perosotan menjadi permainan favorit hampir bagi setiap anak. Saat bermain perosotan, anak akan menaiki tangga yang berguna untuk melatih keseimbangan dan mengkoordinasikan antara gerakan kaki, mata, dan tangan hingga akhirnya merosot ke bawah.

  1. Panjat dinding

Panjat dinding sangat cocok untuk anak yang aktif dan suka terhadap tantangan. Panjat dinding merupakan jenis permainan yang ekstrem dan anak harus memanjat di ketinggian. Permainan ini akan bermanfaat untuk melatih koordinasi urutan tangan dan gerakan kaki saat memanjat. Serta membantu mengembangkan kekuatan jari-jari.

  1. Tubes

Tubes adalah jenis permainan berbentuk tabung. Anak harus merangkak di dalam tubes hingga keluar. Permainan ini bermanfaat untuk menstimulasi kekuatan otot dan tubuh.

  1. Ayunan

Ayunan juga menjadi mainan paling favorit. Ayunan memiliki peran untuk melatih keseimbangan, koordinasi, dan kontrol gerak tubuh. Saat menaiki ayunan anak harus menggerakkan tubuhnya agar ayunan juga terus bergerak dengan dorongan kaki akan semakin mengembangkan motorik anak.

  1. Jungkat-jungkit

Jungkat-jungkit membutuhkan sebuah koordinasi, kerja sama, dan pengurutan antar dua anak untuk membuat gerakan yang naik turun. Permainan ini juga sangat membutuhkan keseimbangan dan kekuatan tubuh bagian atas untuk dapat menggerakkan jungkat-jungkit naik turun.

  1. Spring rider

Spring rider atau kursi pegas dimainkan dengan cara menggerakkan maju dan mundur. Permainan ini memang terkesan sangat biasa, akan tetapi sangat memberi manfaat untuk indera terkait posisi tubuh dengan gerakan yang dilakukannya. Untuk menggunakannya anak harus mengkoordinasikan gerakan tubuh agar kursi pegas dapat bergerak dan seimbang.

  1. Tiang gelantung

Tiang gelantung bermanfaat untuk melatih kekuatan tubuh anak bagian atas dan koordinasinya dengan tangan.

Tempat  bermain anak dan keluarga gratis di Jakarta 

Anda dapat mengajak anak bermain di playground secara gratis dengan memanfaatkan fasilitas umum seperti di tempat perbelanjaan, restoran, rumah sakit, dan lain sebagainya. Berikut ini 12 wahana playground anak gratis bisa dikunjungi di Jakarta antara lain:

  1. Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang adalah ruang hijau di Jakarta yang tepat dijadikan objek wisata. Pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang ada dengan gratis. Umumnya Taman Situ Lembang mempunyai berbagai koleksi tanaman bunga yang cantik.  Selain itu banyak juga pedagang makanan murah meriah seperti bakso, ketoprak, roti bakar, berbagai minuman, dan masih banyak lagi. Tempat ini juga sangat cocok untuk anak-anak karena menyediakan wahana playground anak gratis seperti seluncuran, ayunan, jungkat-jungkit, dan masih banyak lagi.

  1. Galeri Indonesia Kaya

Galeri Indonesia Kaya terletak di Grand Indonesia West Mall lt 8 Jakarta. Tempat ini menjadi tempat wisata dan hiburan sekaligus tempat pendidikan bagi anak untuk mengenal kebudayaan tradisional Indonesia. Menariknya galeri ini juga selalu mempunyai berbagai acara setiap pekan dan setiap bulan mulai dari pertunjukkan seni tari, film, dan musik.

  1. Monumen Nasional (Monas)

Tempat wisata ini bahkan menjadi ikon dari Ibukota Jakarta. Apalagi tiket masuknya yang gratis menjadikannya tempat wisata yang paling populer dan paling banyak dikunjungi oleh warga Jakarta dan sekitarnya.  Tempat wisata anak Monas menjadi sangat affordable karena berada di pusat kota yang strategis. Monas mempunyai monumal di atas ketinggian 132 meter dengan puncak emas murni seberat 85 kg. Pengunjung dapat menaiki puncak menggunakan lift yang tersedia, namun harus membayar sejumlah uang. Akan tetapi di pelataran Monas juga terdapat fasilitas untuk bermain anak hingga toilet dan tempat ibadah.

  1. Kota Tua Jakarta

Kota Tua terletak di Jakarta Utara dan dekat dengan pantai utara Jakarta. Kota Tua adalah Kota yang masih memiliki kondisi asli seperti terdapat beberapa bangunan tua yang masih kokoh sejak zaman kolonial Belanda. Kota Tua menjadi taman bermain anak yang paling ramah di Jakarta dan menjadi tempat kekinian untuk berkumpul dan berfoto ria. Pengunjung dapat datang kapan saja selama 24 jam dan gratis.

  1. Taman Suropati

Tidak sedikit taman revitalisasi di Jakarta yang mendatangkan banyak keuntungan dan manfaat. Salah satunya Taman Suropati yang menjadi pusat aktivitas untuk hiburan dan olahraga. Taman ini mempunyai luas 16 ribu meter persegi dengan banyak tanaman dan pepohonan rindang untuk memberikan perlindungan dari panasnya terik matahari. Taman ini juga mempunyai area bermain untuk anak-anak.

  1. Taman Menteng

Tidak jauh dari Taman Suropati terdapat Taman Menteng yang sebelumnya adalah Stadion Menteng. Anda dapat mengajak anak bermain di Taman Menteng  untuk bermain bola futsal, basket, atau voli.  Selain itu juga tersedia playground anak yang fasilitas bermain berupa ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, terowongan mini, dan masih banyak lagi.

  1. Taman Langsat

Taman Langsat adalah paru-paru Jakarta yang berada di Jakarta Selatan. Anda juga dapat mengajak anak menghabiskan waktu bermain sembari menikmati pepohonan yang rindang dan sejuk. Tak ketinggalan terdapat area bermain khusus anak dengan fasilitas ayunan, perosotan, dan lain sebagainya.

  1. Taman Ayodya

Taman Ayodya juga berada di Jakarta Selatan dengan luas 7.500 meter persegi. Taman ini dilengkapi dengan fasilitas toilet dan gazebo. Anda dapat mengajak anak untuk bermain di area permainan anak yang tersedia atau sekedar duduk dengan santai.

  1. Taman Kalijodo

Taman Kalijodo adalah salah satu tempat bermain di Jakarta dengan fasilitas outdoor dan beragam kuliner yang menggoda. Selain itu Taman Kalijodo juga sering kali dijadikan sebagai tempat kegiatan acara musik atau budaya sehingga tidak pernah sepi pengunjung. Tempat ini juga sangat terkenal dengan wahana skate park dan playground untuk anak-anak. Selain itu fasilitasnya juga lengkap seperti toilet, tempat ibadah, hingga perpustakaan mini.

  1. Mall The Breeze BSD

Mall The Breeze BSD adalah Mall kekinian yang menawarkan sebuah konsep unik dan menarik di alam terbuka dekat dengan Jakarta yaitu kawasan Tangerang Selatan. Mall ini mempunyai banyak fasilitas menarik berupa hiburan  seperti bioskop dan café yang nyaman. Selain itu mall ini juga banyak dikunjungi karena memiliki tempat bermain anak gratis. Terdapat beberapa playground di sudut mall dengan konsep terbuka.

  1. Smaland IKEA Serpong

IKEA adalah tempat belanja berbagai furniture kekinian yang dekat dari Kota Jakarta. Tempat ini mempunyai daya tarik yang menarik mulai dari desain dan dekorasinya. Akan tetapi bukan hanya itu, tempat ini juga sangat menarik pengunjung karena fasilitasnya yang dapat digunakan dengan gratis yaitu wahana playground Smaland IKEA. Sehingga anak-anak dapat bermain dengan gembira selagi orang tuanya sedang berbelanja.

  1. Bandara

Bandara menyediakan fasilitas playground yang anak dan juga bersih untuk anak-anak bermain. Bahkan jenis permainan yang disediakan di playground bandara tergolong sangat lengkap. Akan tetapi saat berada di bandara pastinya Anda akan melakukan perjalanan, untuk itu tetap perhatikan dan dengarkan pengumuman jangan sampai ketinggalan perjalanan karena keasyikan bermain.

Tips menjaga anak saat bermain di playground 

Saat bermain anak akan mendapatkan banyak pengalaman baru yang bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Apalagi jika orang tua membawa anaknya bermain di playground. Sehingga anak dapat lebih bebas untuk bereksplorasi. Akan tetapi sebagai orang tua Anda harus selalu waspada menemani anak saat sedang bermain di playground. Walaupun playground memang khusus diciptakan untuk anak-anak, kecelakaan bisa saja terjadi. Berikut ini adalah tips menjaga anak saat bermain di playground antara lain:

  1. Perhatikan anak dan selalu awasi

Playground adalah tempat bermain khusus anak-anak, namun Anda tetap harus selalu mengawasinya. Bahkan tidak sedikit kasus kecelakaan yang terjadi di playground akibat orangtua yang lalai saat mengawasi anaknya. Anda harus selalu ingat jika anak belum memahami dengan benar yang ada di sekelilingnya. Apalagi anak belum dapat membedakan mana yang aman dan tidak. Maka Anda harus menjaga anak dan overprotective dengan cara menjaga jarak yang tepat dengan tidak terlalu jauh atau terlalu dekat.

  1. Gunakan permainan sesuai usianya

Terdapat banyak jenis permainan di playground. Semua permainan pastinya sangat menyenangkan, akan tetapi tidak semuanya dapat digunkan oleh anak dengan usia lebih muda. Untuk itu selalu temani dan ajak anak untuk bermain menggunakan permainan yang sesuai dengan usianya. Contoh jenis permainan yang cukup berbahaya seperti perosotan, ayunan, dan monkey bar. Jika anak dirasa belum mampu untuk berpegangan dengan baik maka lebih baik mengajak anak untuk menggunakan permainan yang lain.

  1. Gunakan peralatan keselamatan yang disediakan

Terdapat playground yang menyediakan peralatan keselamatan dan keamanan untuk beberapa jenis permainan. Misalnya seatbelt untuk ayunan agar anak tidak jatuh ke depan dan lain sebagainya. Untuk itu gunakan peralatan yang disediakan dan taati peraturan yang ada.

  1. Hindari permainan yang rusak atau basah

Sebelum mengizinkan anak untuk bermain, sebagai orang tua Anda harus selalu waspada dan mengamati permainan yang akan digunakan. Sekecil apapun kerusakan pada permainan harus tetap diwaspadai untuk menghindari terjadi cedera pada anak. Apalagi playground yang berada di outdoor dapat basah saat terkena air hujan. Jika demikian sebaiknya tunggu atau seka terlebih dahulu hingga permainan benar-benar kering.  karena ada kemungkinan anak akan terpeleset dan terjatuh karena licin.

  1. Ajak anak menjaga dirinya sendiri

Tidak sedikit anak-anak terlalu bersemangat sehingga membahayakan dirinya sendiri. Jika tidak waspada anak bisa saja terjatuh. Misalnya terlalu semangat berlari hingga tertabrak dengan anak yang lain dan terjatuh. Untuk itu orang tua harus meminta anak untuk ikut menjaga dirinya sendiri dengan cara coba menjelaskan jenis permainan misalnya tidak berjalan di depan ayunan yang sedang digunakan.

  1. Tidak meluncur berdua di perosotan

Terkadang tidak sedikit orang tua yang ingin turut bermain misalnya memangku anak untuk meluncur bersama di perosotan. Sebaiknya hindari hal tersebut karena dapat membahayakan keselamatan dan keamanan Anda dan anak. Akibatnya kaki anak dapat terjepit sehingga terkilir dan patah tulang.

  1. Bermain dengan wajar

Tips ini adalah hal yang paling penting . anak pasti akan sangat gembira dan bersemangat bermain di playground. Akan terus ingatkan anak untuk bermain dengan wajar dan tidak berlebihan. Misalnya tidak mengizinkan anak untuk berdiri saat di ayunan, menggunakan ayunan terlalu cepat, bermain perosotan dengan posisi terbalik, dan lain sebagainya.  Hal tersebut menjadi sikap untuk membatasi anak agar tidak terlalu bereksplorasi saat bermain di playground.

Baca juga: jual playground anak Surabaya

Itulah manfaat bermain di playground, jenis permainan di playground, beberapa rekomendasi wahana playground anak gratis yang bisa di kunjungi di Jakarta, hingga tips menjaga anak bermain di playground. Mudahan-mudahan artikkel 12 wahana playground anak gratis yang bisa dikunjungi di Jakarta bisa menjadi bahan referensi ketika Anda bingung mau menghabiskan waktu liburan yang menyenangkan bersama anak di Jakarta. Kami menyertakan beberapa foto dari dua belas tempat wisata yang kami ulas agar lebih menarik untuk dibaca.

 

Bagikan informasi tentang 12 Wahana Playground Anak Gratis Yang Bisa Dikunjungi Di Jakarta kepada teman atau kerabat Anda.

12 Wahana Playground Anak Gratis Yang Bisa Dikunjungi Di Jakarta | 081392717613 Produksi Alat Permainan TK dan Mainan Fiberglass

Komentar dinonaktifkan: 12 Wahana Playground Anak Gratis Yang Bisa Dikunjungi Di Jakarta

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami

Kalender Update

September 2021
M T W T F S S
« Jun    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Sakti Edutoys

Pusat permainan tk-paud dan produk fiber terlengkap dengan jaminan kualitas dan harga yang bersaing. Temukan apa yang Anda butuhkan di sini.

Fast Response

Phone/WA : 081392717613

SMS : 0857-4242-6451

BBM : DD4D8056

Open chat
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan