Beranda » Blog » Tips Agar Anak-anak Aman Bermain di Playground Mall 2024

Tips Agar Anak-anak Aman Bermain di Playground Mall 2024

Diposting pada 21 January 2024 oleh admin / Dilihat: 7 kali

Tips Agar Anak-anak Aman Bermain di Playground Mall 2024

Ketika bermain di dalam mall, salah satu hal yang dituju oleh anak-anak adalah permainan anak di playground mall. Hal ini dikarenakan playground anak indoor dan wahana mainan edukasi di mall memang merupakan salah satu tempat favorit anak-anak dimana ada banyak jenis permainan yang dapat dimainkan oleh anak-anak. Mulai dari permainan yang mengasah ketangkasan dan kekuatan sampai permainan yang membutuhkan kecerdasan otak, semua dapat ditemukan di dalam playground mall. Sehingga bukan hal aneh bila tempat ini menjadi sebuah tempat yang memiliki daya tarik kuat bagi anak-anak. Terlebih usia anak-anak adalah usia terbaik untuk perkembangan anak. Dimana pada usia ini perkembangan kognitif, afektif ataupun psikomotorik dapat berkembang dengan baik melalui permainan-permainan yang ada di playground mall.

Tips Agar Anak-anak Aman Bermain di Playground Mall yang menjamin keamanan dan kenyamanan anak

Kendati playground mall menjadi salah satu tempat yang menarik perhatian anak dan menjadi satu dari beberapa terbaik untuk mengembangkan kemampuan kognitif, afektif ataupun psikomotorik si kecil, namun kamu perlu waspada dalam kegiatan menjaga si buah hati. Hal ini dikarenakan playground merupakan salah satu tempat umum yang cukup berbahaya bagi si kecil. Khususnya bila si kecil tidak memiliki persiapan serta pengawasan yang baik.

Lalu, adakah cara yang cukup aman supaya anak bisa bermain dengan aman dan nyaman ketika di playground mall? Seperti apa cara yang harus dilakukan supaya keamanan anak lebih terjaga ketika bermain di playground mall yang ramai dan penuh sesak anak-anak? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak beberapa tips supaya anak-anak lebih aman ketika bermain beragam permainan yang ada di playground berikut ini.

Perhatikan Permainan yang Dipilih dengan Usia Anak

Ketika kamu memutuskan untuk membawa sang buah hati bermain di playground mall, maka sebelumnya kamu harus memperhatikan usia anak. Pastikan bila ada permainan anak di playground mall yang sesuai dengan usia si kecil. Hal ini bertujuan supaya anak bisa bermain permainan yang mudah dan tidak berbahaya sesuai dengan usianya.

Kendati demikian, kamu juga perlu memperhatikan permainan yang disukai oleh anak-anak. Jadi tak hanya memastikan permainan sesuai dengan usia si kecil saja, permainan setidaknya juga harus disukai dan diminati oleh si kecil. Sehingga perhatikan dengan baik permainan yang dipilih si kecil. Perhatikan dengan seksama dan pastikan bahwa si kecil tetap mendapatkan permainan yang sesuai dengan apa yang diinginkan dan tentunya sesuai dengan usia yang seharusnya.

Baca juga: Toko distributor playground kayu murah di Surabaya

Jangan Sampai Melepas Pengawasan Terhadap si Kecil

Mengawasi tindak tanduk serta tingkah laku dari anak merupakan tanggung jawab dari orang tua. Terutama mengawasi anak yang berada di area umum, layaknya playground mall. Hal ini sebagai sebuah wujud dari rasa tanggung jawab orang tua terhadap keselamatan dan keamanan anak. Meskipun pada dasarnya di playground mall terdapat petugas yang dapat membantu mengawasi sang buah hati, namun sebisa mungkin sebagai orang tua kamu harus tetap mendampingi sang buah hati. Bahkan bila perlu kesampingkan segala urusan dan jangan bermain handphone, khususnya ketika sedang mengawasi anak-anak bermain di area bermain umum.

Selain itu, sebisa mungkin jangan biarkan anak bermain tanpa pengawasan orang yang dikenal. Seperti halnya pengasuh, kakak, tante, om, kerabat atau orang terdekat lainnya. Bila terpaksa kamu harus meninggalkan si kecil sendirian untuk pergi ke toilet, mintalah bantuan petugas untuk mengawasi anakmu dengan ekstra dalam waktu beberapa menit atau selama kamu berada di dalam kamar mandi.

Pastikan Selalu Membawa Bekal Air Minum

Ada beberapa playground, khususnya playground indoor yang memang tidak memperbolehkan kamu membawa makanan ataupun minuman ke dalamnya. Namun, kamu tak perlu khawatir. Sebab ada lebih banyak playground, khususnya playground di mall yang memperbolehkan kamu untuk membawa makanan dan minuman ke dalam playground atau minimal di ruang tunggu playground. Sehingga hal ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat bekal bagi si kecil.

Sebisa mungkin bawa bekal makanan sehat dan air putih. Sehingga ketika lapar sehabis istirahat si kecil bisa memakan bekal makanan dan air tersebut. Namun bila kamu merasa kesulitan menyiapkan bekal makan, pastikan saja bahwa kamu selalu membawakan bekal air minum. Bekal minum merupakan hal yang harus dilakukan, supaya kebutuhan cairan tubuh tetap terjaga dengan baik dan anak tidak mengalami dehidrasi akibat kekurangan air ataupun cairan dalam tubuh.

Baca juga: Toko mainan playground anak model terbaru di Jogja

Pahami dan Taati Peraturan yang Berlaku di Playground Mall

Di dalam setiap playground pasti memiliki aturannya masing-masing. Umumnya di playground mall kamu akan diberitahukan aturan yang berlaku oleh petugas sebelum masuk ke dalam playground mall. Akan tetapi, bila kamu tidak mendapatkan pemberitahuan tersebut maka kamu bisa membaca dengan seksama peraturan-peraturan yang berlaku dalam playground di pintu masuk dari playground mall tersebut.

Beberapa poin dalam peraturan ini, umumnya akan sangat membantu kamu dalam mengawasi si kecil. Asalkan setelah membaca dengan teliti, kamu juga harus mengaplikasikan peraturan-peraturan sesuai dengan yang telah dijelaskan. Selain itu, menaati peraturan yang ada juga bisa sebagai upaya untuk menjaga kenyamanan bersama dengan pengunjung yang lain.

Gunakanlah Tanda Pengenal yang Berikan Oleh Petugas Playground Mall

Umumnya ketika kamu membawa si kecil ke playground mall maka kamu akan dibawakan atau diberikan sebuah id card sebagai tanda pengenal oleh petugas playground. Tanda pengenal ini sangat membantu bagi orang tua dalam mengawasi anak-anaknya yang sedang bermain di playground. Sehingga kamu bisa tetap tenang, meskipun harus menjaga buah hati dalam jangkauan yang cukup jauh.

Selain itu, tanda pengenal ini juga dapat digunakan untuk mempermudah tugas dari petugas playground untuk menjaga dan mengawasi anak di dalam playground tersebut. Tak hanya itu. Bila ada anak yang tersesat, maka petugas bisa dengan lebih mudah dalam upaya membantu anak dalam menemukan orang tuanya. Sangat praktis, bukan?

Selalu Ajarkan Sikap Saling Berbagi

Namanya bermain di tempat atau area umum ( seperti halnya playground mall ) merupakan sesuatu yang cukup menarik. Akan tetapi, umumnya anak harus rela antre untuk menaiki sebuah permainan. Khususnya bila playground sedang menampung banyak pengunjung.

Sebenarnya berebut mainan di dalam playground mall adalah sesuatu yang lumrah. Namun alangkah baiknya bila di dalam kondisi seperti ini, kamu sekalian membimbing anak supaya mau menerapkan hidup disiplin dan toleransi. Seperti halnya dengan belajar antre, mempelajari sikap saling berbagi sebuah permainan yang sama dan pastinya belajar untuk bersosialisasi dengan teman-teman sepermainannya yang ada di playground mall tersebut. Sehingga kelak dapat tercipta sebuah kepribadian baik yang tertanam dalam diri si kecil.

Perhatikan Kondisi Playground Mall

Salah satu tips supaya anak tetap aman ketika bermain di playground mall adalah dengan memastikan kondisi playground mall. Selalu pastikan bahwa playground dalam kondisi yang baik serta memiliki kebersihan yang terjaga dengan baik. Kebersihan merupakan faktor penting yang harus dipastikan dengan seksama ketika melihat kondisi dari playground mall. Hal ini dikarenakan playground mall merupakan salah satu tempat paling ramai dan sering dikunjungi di dalam mall.

Ramainya pengunjung playground mall yang pastinya didominasi oleh anak-anak, tentunya membuat risiko tertular penyakit menular menjadi lebih besar. Penyakit menular yang dimaksud seperti halnya Hand, Foot and Mouth Disease atau yang lebih terkenal dengan nama HFMD. Oleh karenanya memastikan dan mengecek kebersihan playground mall, sebelum mengajak ataupun mengijinkan anak bermain di sana merupakan sesuatu yang sangat wajib untuk dilakukan.

Tak hanya memastikan kebersihan dari playground mall itu sendiri, kamu juga harus mempersiapkan bahan-bahan atau alat untuk menjaga kebersihan diri sendiri. Seperti halnya hand sanitizer dan tisu basah. Tisu basah merupakan salah satu benda yang harus ada dan dibawa kemana-mana, khususnya bila kamu memiliki anak kecil. Tisu ini akan digunakan untuk membersihkan tangan, sebelum menggunakan hand sanitizer. Dengan perlindungan double dari tisu basah dan hand sanitizer, diharapkan supaya anak-anak bisa terhindar dari kuman, bakteri, dan virus yang mungkin ada di dalam playground mall. Untuk itu, jangan lupa untuk menggunakan kedua benda ini sebelum masuk dan setelah selesai bermain di playground mall.

Selain kebersihan yang harus diperhatikan dengan seksama, kamu juga harus memperhatikan desain dari playground mall. Pastikan bahwa playground mall memiliki permukaan yang empuk. Seperti halnya karpet, busa tipis ataupun pasir yang lembut. Hal ini bertujuan supaya bila anak jatuh ketika bermain, maka anak tidak akan merasa sakit ataupun mendapatkan luka fisik yang mengkhawatirkan.

Jangan Lupa Perhatikan Pakaian Anak

Ketika bermain, tahukah kamu? Bila selain permainan yang ada di dalam playground, pakaian anak juga menjadi salah satu hal yang cukup penting dalam membuat anak lebih aman ketika bermain di playground mall. Semakin nyaman anak dengan pakaian yang digunakan, maka hal ini membuat si kecil semakin leluasa dalam bermain berbagai jenis permainan yang ada di  playground mall tersebut. Oleh karena itu, sebisa mungkin pakaikan pakaian yang simpel dan nyaman untuk digunakan bermain anak. Misalnya pakaikan kaos yang memiliki bahan lembut dan mudah menyerap keringat.

Selain itu, jangan lupa untuk memakaikan kaos kaki. Supaya kaki anak bisa terlindungi. Terlebih bila ada wahana di playground mall yang memiliki syarat supaya sepatu atau sandal anak harus dicopot. Seperti halnya permainan mandi bola.

Kamu juga tidak boleh lupa  membawa baju ganti, kaos kaki ganti, serta pampers ganti ( khususnya bila buah hati masih menggunakan pampers ). Baju ganti tentunya digunakan untuk mengganti baju yang telah bau keringat. Khususnya setelah anak membersihkan diri ketika selesai bermain. Begitu pula dengan kaos kaki yang digunakan untuk mengganti kaos kaki yang mungkin telah kotor dan penuh keringat karena digunakan bermain dan berlari kesana-kemari, mengelilingi playground.

Ajari Anak Untuk Tidak Menerima Makanan dari Orang Asing

Bukan sesuatu yang baru, bila ada berita yang mengatakan ada anak yang hilang ketika sedang bermain di playground mall. Alasannya pun bervariasi. Ada yang karena kurang pengawasan dari orang tua, sehingga tidak mengetahui bila anak mengikuti orang asing karena iming-iming hadiah atau anak menerima makanan dari orang tak dikenal. Oleh karena itu, sebisa mungkin beri pengertian dan pembelajaran sejak dini kepada anak-anak untuk tidak menerima makanan, minuman ataupun iming-iming hadiah dari orang-orang jahat di sekitar, serta orang asing yang tidak pernah dilihat apalagi dikenal.

Mengajari agar anak tidak sembarangan menerima makanan, minuman ataupun barang dari orang yang tidak dikenal, selain sebagai perlindungan diri si kecil ketika di playground mall juga untuk melindungi si kecil dalam kegiatan sehari-hari. Sebab kini ada banyak bahaya yang mengancam anak-anak. Sehingga perlu diajarkan perlindungan diri yang cukup kuat.

Perhatikan Keamanan dan Keselamatan Anak dalam Bermain

Selain hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya, keamanan dan keselamatan anak tentu menjadi salah satu fokus utama yang harus dipastikan dengan sebaik mungkin. Sehingga pastikan sang anak tidak terlibat dengan hal-hal yang berbahaya bagi dirinya, misalnya seperti bertengkar atau berkelahi dengan teman sepermainannya di playground mall. Berikanlah pengertian kepada anak untuk menyelesaikan segala masalah dengan baik-baik. Bahkan bila perlu, berikan pengertian dengan sebaik-baiknya supaya si kecil tidak berkelahi, apalagi berusaha untuk mencelakai temannya.

Untuk memberikan keamanan tersebut, kamu pun harus mempraktikkannya di depan si kecil. Seperti halnya dengan tidak terpancing suasana emosi dan berusaha untuk tenang. Usahakan untuk menyelesaikan permasalahan si kecil dengan kepala dingin dan jangan sampai bersitegang dengan orang tua anak lain. Sebab hal ini bisa menjadi salah satu metode pembelajaran terbaik, supaya anak juga bisa menyelesaikan masalahnya dengan kepala yang dingin.

Selalu Bawakan Kartu Informasi Untuk Anak

Selain kartu tanda pengenal yang diberikan oleh petugas playground mall, alangkah baiknya bila kamu menyiapkan sendiri kartu informasi untuk anak. Terlebih biasanya tidak semua playground mall memberikan fasilitas kartu pengenal kepada anak-anak yang berkunjung. Apalagi kartu informasi sangat penting untuk dibawa anak keluar rumah ( tidak hanya bermain di playground mall saja ).

Kartu informasi ini, biasanya berupa nama si kecil, alamat rumah dan nomor telepon atau contact person ( CP ) yang bisa dihubungi. Namun bila dalam keseharian si kecil lebih sering diasuh oleh pengasuhnya, lebih baik sertakan pula nomor telepon pengasuh sebagai CP alternatif atau kedua. Sehingga bila si kecil tersesat, ada nomor yang bisa dihubungi atau si kecil bisa diantar ke alamat rumah yang tertulis dalam kartu informasi untuk anak.

Sebaiknya ketika membawakan kartu informasi anak, kamu harus terlebih dahulu mengajari anak supaya tidak sembarangan menunjukkan kartu tersebut kepada orang lain. Kecuali bila keadaan sedang mendesak. Seperti halnya bila si kecil merasa tersesat dan tidak tahu arah pulang.

Demikianlah beberapa tips paling mudah untuk diterapkan dalam menjaga agar anak selalu aman ketika bermain di playground mall. Kendati beberapa tips mungkin cukup merepotkan, namun demi perkembangan dalam ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik dini di usia anak-anak serta untuk menjaga kenyamanan dan keamanan anak dalam menarik, mengalami sedikit kerepotan bukanlah hal yang sangat sulit, bukan? Terlebih bila hal ini bersangkutan dengan kebaikan bagi sang buah hati tercinta.

Oleh karena itu untuk mengembangkan pengetahuan anak dalam berbagai ranah, alangkah baiknya bila kamu mengijinkan anak untuk bermain di playground. Termasuk playground mall. Namun pastikan bila anak menuruti syarat-syarat yang diberikan dengan baik. Selain itu sebagai orang tua, kamu juga harus memastikan bahwa tips agar anak selalu aman saat bermain di playground mall telah diterapkan dengan sebaik mungkin. Sehingga anak dapat menggunakan permainan anak di playground mall dengan senang hati dan kamu sebagai orang tua dapat memantaunya dengan perasaan yang tenang.

Baca juga: Jual Ayunan Anak Semarang

 

Bagikan ke

Tips Agar Anak-anak Aman Bermain di Playground Mall 2024

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Tips Agar Anak-anak Aman Bermain di Playground Mall 2024

Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Raisa
● online
Raisa
● online
Halo, perkenalkan saya Raisa
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Open chat